Jurnal Pribados

7 January 2014

KKN : Laboratorium Sosial (part 2)

Bahagia itu harusnya sederhana, satu atau dua hal kecil bisa saja membahagiakan. Meskipun kebahagiaan tak selalu menghilangkan beban-beban hidup, minimal kebahagiaan yang hadir itu bisa memberikan senyuman. Senyum-senyum simpul yang sebentar tersungging di bibir. Interaksi-interaksi yang mengundang tawa, berlari bersama canda. Bahagia, sekali lagi harusnya sederhana.

Hari ini gue datang ke acara tangkap ikan bersama di dusun banjarwaru, desa panjalu. Acara sederhana yang diadakan setelah pemilihan ketua RW baru. Acara sederhana menangkap ikan menggunakan tangan kosong di kolam yang telah diisi ikan sebelumnya. Tua, muda, kecil, dewasa, laki-laki perempuan warga dusun hadir di kolam ikan di tepian situ Lengkong untuk meramaikan acara ini. Gak semua orang yang hadir turun ke kolam untuk menangkap ikan, beberapa hanya melihat, menertawakan tingkah-tingkah lucu mereka yang menangkap ikan.

Menangkap ikan dengan tangan kosong di kolam yang besar bukan perkara mudah, ada yang sudah menangkap kemudian lepas, ada yang kaget karena ikan melompat, ada yang takut melihat ular. Riuh renyah suasana di tepian situ lengkong menghangatkan cuaca yang mendung.

Sigit yang tetap senang tanpa ikan


Beberapa orang sudah berhasil mendapatkan buruannya, termasuk Didin yang mendapat beberapa ekor ikan mas. Hana dan ibunya juga mendapat beberapa ekor ikan. Sigit seperti saya dan teman-teman, tidak mendapatkan ikan satupun.

Hana si pemalu

Tapi kesenangan hari ini tidak tergantung pada hasil tangkapan. Melihat orang-orang berinteraksi hangat, melihat senyum simpul tersungging di bibir banyak orang, mendengar canda tawa masyarakat menjadi kebahagiaan kecil yang dihadirkan Tuhan hari ini.

Didin
Mungkin begini seharusnya memaknai hidup, tetap tersenyum karena masalah akan selalu ada dan kita harus selalu bahagia. :)


1 comment:

  1. paling suka saat lu menampilkan foto2 realita kehidupan seperti ini.
    Look like u're really love them :)

    ReplyDelete

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.