Jurnal Pribados

26 April 2012

Manual Book, Seberapa Penting??

Manual book a.k.a buku panduan, adalah buku yang berfungsi untuk membantu user menggunakan suatu alat. Saking pentingnya, manual book ini selalu disertakan pada produk yang memerlukan perlakuan khusus, misalnya sepeda motor, mobil, handphone, laptop, kamera, dan beberapa benda teknologi lainnya.

Mengapa harus ada manual book??
Coba diingat-ingat, berapa kali kita membaca manual book setiap kali membeli gadget baru?

Kebanyakan dari kita memang menganggap manual book itu ga penting,"jarang sekali orang yang membaca manual book ketika baru membeli peralatan baru", hampir semua orang lebih suka menerapkan prinsip trial and error daripada harus membuang waktu membaca petunjuk yang telah disediakan. Masalahnya...bagaimana jika petunjuk tersebut menyangkut keselamatan, misalnya : "batere handphone maksimal di charge selama 8 jam, jika lebih dari 8 jam maka batere akan meledak". Jika kita menerapkan prinsip trial and error pada hal tersebut, maka error yang harus diterima menjadi cukup berbahaya.

Saking pentingnya manual book, negara kita mewajibkan semua peralatan elektronik yang masuk ke negara ini wajib memiliki manual book, baik secara riil (kertas) atau yang bersifat maya (ebook). 
Mengapa manual book wajib ada?

Keberadaan manual book sebenernya berkaitan dengan keselamatan user dan keselamatan alat yang digunakan. Dengan membaca manual book, diharapkan user akan lebih mengerti tentang alat yang digunakan sehingga peralatan tersebut akan berumur panjang dan tidak mengalami kerusakan. Dan yang paling penting dari semua itu adalah "keselamatan user", karena keselamatan manusia tidak bisa diasuransikan dengan apapun.

Tapi semua itu adalah hak "user" untuk membaca manual book terlebih dahulu atau tidak. Jika memang telah memahami suatu alat, tidak membaca manual book juga bukan merupakan hal yang bisa disalahkan. 
Tapi apakah kita benar-benar telah memahami setiap alat yang baru kita beli??

Ataukah kita telah menjadi manusia sok pintar yang bisa memahami setiap hal tanpa harus mempelajarinya??

4 comments:

  1. hahay, iya juga sih sob, terlebih manualnya Hape, gak pernah di baca tuh :D

    ReplyDelete
  2. Iya ya enggak lucu HP baru meledak

    ReplyDelete
  3. kalau saya lebih senang trial en eror gan, lebih mantap. heheh, kaya agan kan. sama lah. ane baru baca manual kalau ud ada kesulitan. lagi juga baca manual tanpa praktek yang nyata jadi kesulitan, mending hajar dulu lah.

    ReplyDelete

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.