Jurnal Pribados

13 March 2012

(pertanyaan) Ketika Teknologi sampai di Titik Puncak


 Kira-kira, apa yang terjadi kalo teknologi udah sampai di titik puncak??

pertanyaan itu sering muncul di kepala saya, sering juga saya ungkapin ke beberapa temen saya. Muncul beberapa jawaban, misal : "manusia bakal kembali ke zaman batu", "manusia ga perlu melakukan apa-apa lagi", ada juga jawaban yang lebih berani : "Itu berarti waktunya kiamat".

Di lingkungan elektro, perkembangan teknologi cenderung ke arah pengecilan komponen, seluruh komponen elektronika akan berukuran semakin kecil, itu berarti device nya juga semakin mengecil. Mungkin akan muncul komponen berukuran "piko" dan device berukuran "nano". di kepala saya kebayang "komputer berukuran jam tangan", "Komputer seukuran koin 1000", dan displaynya cukup pake hologram. Tapi seandainya komponennya udah berukuran minimal banget dan ga bisa diperkecil lagi, apa yang terjadi?  Apa nanti handphone bisa disimpen di pori-pori kulit? Apa nanti komputer bisa dipakai di jari seperti cincin?

Teknologi pada dasarnya ada untuk mempermudah kerja manusia.Seandainya nanti device elektronika berukuran nano atau piko, apa iya masih relevan? Apa masih bisa disebut teknologi?

6 comments:

  1. Hmmm menarik. Kamera berkekuatan DSLR dengan ukuran balpoint dan harganya murah *dari dulu ngarep ada

    ReplyDelete
  2. kalau masih dikatan teknologi, ya tetap teknologi gan. itu kan hasil penciptaan. tapi kalau kedepanya seperti apa? itu yang tidak tau. ya walau telah ditemukan yang seukuran 'piko' sekalipun. tidak jadi soal asalkan mendukung kegiatan manusia buakn malah menyusahkan manusia. kita lihat saja seperti apa puncak dari teknologi. ok gan.

    ReplyDelete
  3. waktu itu sempet ngobrolin hal ini dengan teman yang daya khayalnya tinggi. Ketika semua pekerjaan manusia di supermudahkan oleh teknologi, manusia jadi semakin sedikit bergerak, semakin sedikit bekerja, dan semakin sedikit berfikir. Dan hal ini menyebabkan manusia berevolusi jadi makhluk kecil yang tidak bertenaga dan tidak berotak. Lalu para robot dengan teknologi tinggi balik menyerang... *wall-e banget*

    ReplyDelete
  4. Kus : nanti saya beli deh kalo udh ada yg kaya gitu hehe..
    Carikost : ok gan, semoga kita masih bisa liat titik puncak teknologi

    ReplyDelete
  5. Phyqhie :haha, bener-bener tingkat tinggi khayalannya. tapi itu mungkin terjadi, toh kenyataan jaman sekarang juga merupakan khayalan tingkat tinggi jaman dulu kan??

    ReplyDelete
  6. Otak manusia begitu luar biasa. Tak terbayangkan bila fakta diatas akan terjadi pada puluhan atau ratusan tahun kedepan. Teknologi terus berkembang dan berkembang maju begitu pesat. Semoga saja kemanusiaan juga mengikuti dibelakangnya. Begitu indahnya hidup ini. Salam sukses.

    ReplyDelete

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.