Jurnal Pribados

7 March 2012

Untitled



Kemarin saya ngobrol sama temen tentang masalah pemrograman game. Temen saya ini punya ide untuk bikin game 3D dengan render 2D,(pada ngerti ga?) "itu lho, kaya film toy story, tapi bisa dikendaliin". Dan yang terlintas di pikiran saya waktu itu adalah main game PES 2012,Crysis 2, The Sims, dan banyak game berat lainnya tanpa harus memusingkan spek komputer yang kita punya. Menurut saya konsep itu bener-bener bagus,
kita bisa main game 3D semisal PES 2012 di komputer dengan processor intel pentium 4, RAM 512 MB, VGA on board. dan itu berarti kita ga perlu ngeluarin duit banyak-banyak untuk beli komputer dengan spek yang mumpuni.


Konsep temen saya ini ngingetin saya tentang OS yang bernama TRON. ya,,OS buatan Prof.Ken Sakamura ini merupakan OS embedded yang berjalan di dalam mikroprocessor, TRON tidak memerlukan processor yang cepat ataupun kapasitas memory yang besar untuk dapat bekerja dengan optimal. TRON ini digunakan di berbagai alat, seperti handphone, mesin fax, AC, kulkas dan beberapa peralatan rumah tangga lainnya. Diperkirakan TRON ini digunakan di 3 sampai 4 miliar peralatan di seluruh dunia lho...

Permasalahannya, "kenapa OS yang sangat baik seperti TRON tidak digunakan di PC"?

Saya hanya bisa mengira-ngira, mungkin itu masalah politis, karena TRON muncul bersamaan dengan OS lain yang bernama "windows". yah,,,semua juga tau kalo windows itu buatan microsoft.corp dan milik amerika yang notabene penguasa teknologi sejagad, dan pada saat itu industri processor lagi berkembang pesat. Kalo TRON waktu itu dirilis sebagai operating system untuk PC, industri processor mungkin bakal stagnan, ga berkembang pesat sampai kaya sekarang, dan tentu saja pihak-pihak tersebut akan merasa dirugikan.

Kembali ke konsep temen saya tadi, saya berharap konsepnya berbeda nasib dengan TRON yang tidak mendapatkan tempat hanya karena faktor politis. Kita semua tau kalo spek komputer yang tinggi itu mayoritas diperuntukkan bagi penggemar game-game berat. Kalo konsep temen saya itu berhasil, mungkin komputer dengan spek tinggi itu akan ditinggalkan oleh penggemarnya, dan tentu saja ini bakal berpengaruh bagi industri komputer itu sendiri.



"Jangan takut kawan, kita ada di jalan yang benar"

No comments:

Post a comment

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.