Jurnal Pribados

18 April 2016

Leader atau Expert

Menjadi pemimpin yang sukses merupakan hal yang tak mudah dilakukan. Perlu banyak skill dan pengetahuan + kemampuan manajerial yang baik untuk membuat tim meraih kesuksesan yang diinginkan. Kesuksesan pemimpin bukan miliknya sendiri, ada tim yang mensupport dibelakangnya. Tidak ada "saya atau gue" dalam keberhasilan yang diraih seorang pemimpin. Seorang pemimpin pasti mampu menginspirasi dan menjadi teladan yang baik bagi timnya. Resiko-resiko yang diterima akan dihadapinya, dialah tameng pertama saat timnya diserang lara.

Selalu ada orang yang mampu menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik. Saat mengerjakan sebuah board elektronik, ia tak mau alat buatannya hanya sekedar berfungsi, tapi harus indah dilihat dan memiliki durability yang baik. Saat memasak, ia tak hanya memikirkan rasa masakannya, tapi ia akan membuat presentasi yang baik agar menggugah selera. Ia bukan sekedar tahu hal yang tak diketahui orang lain, tapi ia mampu berimprovisasi dengan hal-hal tersebut.

Leader atau Expert?

Tiap orang memiliki bakatnya masing-masing, untuk menjadi pemimpin atau seorang ahli. Keduanya dibutuhkan oleh tim dengan sama pentingnya. Seorang leader butuh expert untuk menyelesaikan tujuan besarnya. Expert butuh leader untuk mengarahkan keahliannya, untuk mengembangkan kemampuannya, untuk membuat karyanya dipahami oleh awam.

Kawan, menjadi leader atau expert itu sama pentingnya. Zorro, ussop, dan nami tak pernah memaksa untuk menjadi kapten kapal. Tapi mereka melakukan tugasnya dengan sangat baik. Entah apa jadinya luffy tanpa mereka. Begitupun luffy, dia mampu menjadi teladan bagi timnya, rela berkorban demi tiap-tiap anggota timnya. Entah apa jadinya tim tersebut tanpa luffy.

Being Leader or Expert ???

No comments:

Post a comment

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.