Jurnal Pribados

15 March 2012

LED (Light Emitting Diode) si Lampu Masa Depan (part 1)

LED atau kepanjangannya Light Emitting Diode merupakan salah satu jenis lampu yang menggunakan prinsip junction p-n dalam kerjanya. LED terdiri dari sebuah chip bahan semikonduktor yang diisi penuh, atau di-dop, dengan ketidakmurnian untuk menciptakan sebuah struktur yang disebut P-N junction. Pembawa muatan elektron dan hole mengalir ke junction dari elektroda dengan tegangan yang berbeda. Ketika elektron bertemu dengan hole, maka elektron akan  jatuh ke tingkat energi yang lebih rendah, dan melepas
energi dalam bentuk foton. Ketika LED diberi forward bias, maka akan muncul cahaya di junction nya, cahaya yang muncul bergantung pada jenis bahan  junction nya.

Berikut ini merupakan daftar bahan dan warna LED konvensional.
·         aluminium gallium arsenide (AlGaAs) - merah dan inframerah
·         gallium aluminium phosphide – hijau
·         gallium arsenide/phosphide (GaAsP) - merah, orange-merah, orange, dan kuning
·         gallium nitride (GaN) - hijau, hijau murni (atau hijau emerald), dan biru
·         gallium phosphide (GaP) - merah, kuning, dan hijau
·         zinc selenide (ZnSe) – biru
·         indium gallium nitride (InGaN) - hijau kebiruan dan biru
·         indium gallium aluminium phosphide - orange-merah, orange, kuning, dan hijau
·         silicon carbide (SiC) – biru
·         diamond (C) – ultraviolet
·         silicon (Si) - biru
·         sapphire (Al2O3) – biru

LED disebut juga sebagai lampu masa depan karena sifatnya yang tahan lama dan awet. Itu disebabkan karena LED merupakan SSL (Solid State Lighting) sehingga  lampu LED menjadi lebih tahan benturan dan tidak mudah rusak seperti layaknya lampu-lampu yang menggunakan gas (bohlam, neon/TL). Konon katanya, LED ini dapat bertahan lebih dari 30.000 jam, angka tersebut tentu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daya tahan lampu TL yang mencapai 5000 jam. LED juga memiliki efisiensi yang cukup tinggi dibandingkan lampu-lampu konvensional lainnya,mencapai 80-90%. Selain itu cahaya LED juga bersifat dingin karena energi panas yang dihasilkannya sedikit. Hal yang paling penting adalah harga LED lebih murah  bila dibandingkan dengan lampu lain.     "makanya saya berani bilang LED ini lampu masa depan"

Tanda-tanda LED mulai diminati juga mulai muncul : Coba cek traffic light yang baru-baru, hampir semua pakai LED, mulai dari lampunya sendiri, sampai display untuk menghitungnya. Lampu senter buatan cina yang menggunakan LED juga mulai banyak dijual, mulai di kaki lima sampai bintang lima. "Tapi biasanya lampu senter yang dijual di kaki lima umurnya ga panjang"


besok disambung lagi ya gan, saya udah ngantuk nih..







11 comments:

  1. seperti lampu pada headlamp ya sob, tahan benturan dan cuaca, tetap terang walaupun di sunu minus :D

    ReplyDelete
  2. nah..itu salah satu keunggulan LED gan

    ReplyDelete
  3. ou pantes kenapa orang sekarang lebih memilih yang led ya, karena ke awetanya. iya klo bohlam goyang dikit bisa rusak.

    ReplyDelete
  4. LED ini awet,ekonomis
    selain traffic light, sekarang sudah banyak gedung yang interior dan eksteriornya pakai LED ini, Philips juga udah memasarkan lampu LED kok :)

    ReplyDelete
  5. sudah terpasang sob.link nya. Baca artikel ini keinget masa STM dulu. satusatuen.wordpress.com.

    ReplyDelete
  6. Banyak kelebihan LED dibanding lampu yang ada saat ini. Dapat bertahan lebih dari 30 ribu jam, sedikit mengeluarkan energi panas, efisien dan harga lebih murah. Tentu fakta ini sangat 'menguntungkan' para konsumennya. Semoga kedepan lebih banyak lagi produk yang berbasis LED ini. Salam sukses Sobat.

    ReplyDelete
  7. mungkin suatu saat semua orang akan berganti menjadi pengguna LED dan yg namanya bohlan sudah ditinggalkan ,,, hehe oh iy link udaj terpasang di http://www.alakadarnya.net

    ReplyDelete
  8. Sekedar pemberitahuan Sob. bahwa link nya sudah saya pasang

    ReplyDelete
  9. benar-benar lampu masa depan....dengan efisiensi sebesar itu....kita bisa menghemat banyak energi

    ReplyDelete
  10. LED sekarang sudah banyak di pakai.... tp baru lampu2 hias ya?

    ReplyDelete
  11. berbagi Kata Kata Bijak Nabi Muhammad SAW
    Pahlawan bukanlah orang yang berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah.

    semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.