Jurnal Pribados

22 March 2011

LISTRIK STATIS DAN MUATAN LISTRIK

Alhamdulillah akhirnya bisa posting lg..

pembahasan kali ini tentang listrik statis dan muatan listrik

Listrik statis dapat didefinisikan sebagai listrik yang diam, maksudnya energi listrik tidak mengalir dalam suatu rangkaian. Listrik statis bisa dirasakan pada saat kita menyisir rambut dengan sisir plastik, pada saat penggaris
plastik yang telah digosok dengan kain sintetis mampu menarik serpihan-serpihan kertas, pada saat kita berjalan diatas karpet nilon dll. Pada kejadian tersebut, dapat dikatakan bahwa benda-benda tersebut menjadi bermuatan listrik karena proses penggosokan. Benda-benda tersebut dapat dikatakan telah memiliki muatan listrik.
Pada dasarnya ada dua jenis muatan listrik, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Secara alamiah, muatan yang sama akan cenderung tolak menolak dan muatan yang berbeda akan tarik menarik. 


Dalam proses perhitungan matematis, muatan positif dan negatif diperlakukan secara aljabar sehingga pada setiap proses muatan yang dihasilkan sama dengan nol. Hal ini sesuai dengan hukum kekekalan muatan listrik yang menyatakan bahwa Jumlah total muatan listrik yang dihasilkan pada setiap proses adalah nol. Dalam fisika, muatan listrik dilambangkan dengan (Q,q) dengan satuan (coulomb =C)

No comments:

Post a comment

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.