Jurnal Pribados

27 September 2012

sedikit tentang CACHE

Cache merupakan memory yang ukurannya kecil,bersifat sementara dan berkecepatan tinggi. Secara umum cache berfungsi untuk mempercepat proses yang sedang dikerjakan oleh prosesor.

Mengapa Cache bisa mempercepat proses di dalam komputer ??

Ketika prosesor memerlukan suatu data, cache adalah memory yang pertama kali diakses. Jika data yang dibutuhkan oleh prosesor berada di dalam cache, maka prosesor dapat langsung menggunakan data tersebut. Jika data yang dibutuhkan tidak berada di dalam cache, maka prosesor akan meminta data ke main memory.-hal ini tentu saja membutuhkan waktu yang lebih lama -

Mengapa Cache berukuran kecil??

Ini berkaitan dengan fungsi cache itu sendiri, ukuran cache dibuat kecil supaya proses pencarian data pada memory cache bisa lebih cepat.(bayangkan bila kita mencari jarum di kotaknya dengan mencari jarum di padang pasir. - mana yang lebih cepat??-)

Pada umumnya cache terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya L1 Cache, L2 Cache dan L3 Cache. L1 cache terletak di dalam prosesor dan merupakan cache yang memiliki kecepatan paling tinggi. L2 cache terletak di luar prosesor dan memiliki ukuran yang lebih besar dibanding L1 Cache. Sedangkan L3 cache hanya terdapat pada komputer yang memiliki core lebih dari satu. (dual core, quad core, etc). 
Pengelompokan cache menjadi beberapa jenis ini bertujuan untuk mempercepat kerja prosesor. Prosesor bekerja berdasarkan prioritas. L1 Cache yang berukuran paling kecil adalah memory yang diakses pertama kali, kemudian L2 Cache, L3 Cache dan yang terakhir adalah main memory. Jika data yang diperlukan oleh prosesor telah berada di memory yang diakses lebih dulu, maka data tersebut dapat langsung digunakan tanpa harus mencari lagi di main memory. 

Gambar dibawah ini dapat sedikit menunjukkan posisi cache pada komputer



Karena Cache berukuran kecil, maka data yang ada di dalam cache harus dikeluarkan. Untuk mengeluarkan data - data ini diperlukan sebuah program yang disebut Algoritma Penggantian yang berfungsi untuk mengeluarkan blok-blok yang berisi data.
antara lain :
1. least recently used (LSU) : mengganti blok yang berada dalam set yang telah berada paling lama dalam      cache dengan tidak memiliki referensi.
2. first in-first out (FIFO) : mengganti blok yang telah berada pada cache dalam waktu terlama.
3. least frequently used (LFU) : menggantikan blok di dalam set yang mengalami referensi paling sedikit.


Referensi : William Stalling, Organisasi dan Arsitektur sistem komputer














1 comment:

  1. oh..itu toh artinya cache yg ada di prosesor selama ini

    ReplyDelete

Was humbly designed and developed by MAKMALF.com. Written by Bayu Saputra Pribadi.